PT KAI Stasiun Cirebon
PT KERETA API INDONESIA
(Tugas Dalam Bidang Badan Usaha Milik Negara)
Diajukan
untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajamen
Dosen : Farida Nurfalah, S.Sos.,M.Si
Dosen : Farida Nurfalah, S.Sos.,M.Si
Disusun oleh :
Kelompok 7
Endang Laela 117090001
Apryanto Kasaefulloh 117090007
Syifha Zulfie 117090031
Kelas AN 2 A
Semester 4
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON
2019
PT Kereta
Api Indonesia
PT Kereta Api
Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara
Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI
meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret2007, DPR mengesahkan
revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992, yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun
2007, yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi
kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Dengan
demikian, pemberlakuan undang-undang tersebut secara hukum mengakhiri monopoli
PT KAI dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.
Pada tanggal 12
Agustus 2008 PT KAI melakukan pemisahan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek
menjadi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang pada tahun 2017 lalu menjadi PT
Kereta Commuter Indonesia untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta
dan sekitarnya. Selama tahun 2015, jumlah penumpang kereta api mencapai 325,94
juta.
Pada tanggal 28
September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI
meluncurkan logo baru. Dan pada 29 Oktober 2014 PT KAI dipimpin oleh Edi
Sukmoro yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Aset Nonproduksi
Railways, menggantikan direktur utama sebelumnya, Ignasius Jonan.
Stasiun Cirebon (CN)
disebut juga sebagai Cirebon
Kejaksan atau Kejaksan. Merupakan
sebuah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di Kebonbaru,
Kejaksan, Kota Cirebon. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4 m ini merupakan stasiun terbesar yang berada dalam
pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah
Operasi III Cirebon.
VISI
:
Menjadi
penyedia jasa perkereta apian yang focus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapa
stakeholders.
MISI
:
Menyelenggarakan bisnis
perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya melalui praktik bisnis dan model organisasi
terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian
lingkungan berdasarkan empat pilar utama: Keselamatan, Ketepatan Waktu, Pelayanan,
dan Kenyamanan.
TUGAS POKOK :
menyelenggarakan
pengusahaan angkutan kereta api.
merumuskan
dan menyusun program pembinaan angkutan penumpang dan / atau barang.
pengendalian
pelaksanaan angkutan penumpang dan / atau barang di wilayah Daerah Operasi.
FUNGSI
Pengelolaan
sumber daya manusia (SDM), administrasi kerumahtanggaan dan umum, pertimbangan dan
bantuan hukum, serta pengujian, pengendalian dan pembinaan hygiene perusahaan, kesehatan
(HIPERKES) dan keselamatan kerja.
Pendayagunaan
keuangan, serta pelaksanaan dan pembinaan anggaran dan akuntansi.
Pemeriksaan
kas daerah.
Pelaksanaan
hubungan masyarakat di daerah.
Pemeliharaan
dan pengendalian jalan rel dan jembatan.
Pelaksanaan
dan pengendalian operasi dan pemasaran.
Pemeliharaan
dan pengendalian sinyal, telekomunikasi dan listrik umum.
Daerah Operasi 3 Cirebon terdiri dari
:
Seksi Sumber Daya Manusia
dan Umum.
Seksi Keuangan.
Pemeriksaan Kas Daerah.
Hubungan Masyarakat Daerah
(HUMASDA).
Seksi Jalan Rel dan Jembatan.
Seksi Operasi dan Pemasaran.
Seksi Sinyal, Telekomunikasi
dan Listrik.
SLOGAN Stasiun Cirebon : “ Anda Adalah Prioritas Kami ”
“
Luar biasa Pelayanannya, amannya dan nyamannya”
Stock
Barang : Tiket
STRUKTUR :
FASILITAS :
Ruang Tunggu Stasiun Cirebon
Ruangan ini seluas 180 Meter. Ruang tunggu kami siapkan sofa, ac, dan nuansa Cirebon dengan
dinding yang bermotif batik.
Toilet
Di dalam toilet terdapat kamar pembuangan air sesuai kebutuhan. Mulai dari berkebutuhan khusus hingga model toilet jongkok pun tersedia.
Jadwal Kereta Api Cirebon
:
Nama Kereta
|
Rute
|
Kelas
|
Harga Mulai
|
Berangkat
|
Tiba
|
Tegal Ekspres
|
TG-PSE
|
Ekonomi
|
Rp49.000
|
15:15
|
18:41
|
Argo Jati
|
CN-GMR
|
Eksekutif
|
Rp125.000
|
13:50
|
16:49
|
Argo Muria
|
SMT-GMR
|
Eksekutif
|
Rp195.000
|
19:09
|
22:08
|
Argo Bromo Anggrek
|
SBI-GMR
|
Eksekutif
|
Rp285.000
|
02:17
|
05:05
|
Argo Bromo Anggrek
|
SBI-GMR
|
Eksekutif
|
Rp285.000
|
14:23
|
17:00
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
07:25
|
10:29
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
16:05
|
19:12
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
18:30
|
21:35
|
Cirebon Ekspres
|
CN-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp80.000
|
05:50
|
09:05
|
Cirebon Ekspres
|
CN-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp80.000
|
08:30
|
11:37
|
Ranggajati
|
CN-JR
|
Bisnis/Eksekutif
|
Rp230.000
|
05:00
|
20:10
|
Ciremai
|
SMT-BD
|
Bisnis/Eksekutif
|
Rp85.000
|
21:00
|
01:11
|
Harina
|
BD-SBI
|
Ekonomi/Bisnis/Eksekutif
|
Rp115.000
|
00:16
|
04:11
|
Cirebon Train Schedule
Nama Kereta
|
Rute
|
Kelas
|
Harga Mulai
|
Berangkat
|
Tiba
|
Tegal Ekspres
|
TG-PSE
|
Ekonomi
|
Rp49.000
|
15:15
|
18:41
|
Argo Jati
|
CN-GMR
|
Eksekutif
|
Rp125.000
|
13:50
|
16:49
|
Argo Muria
|
SMT-GMR
|
Eksekutif
|
Rp195.000
|
19:09
|
22:08
|
Argo Bromo Anggrek
|
SBI-GMR
|
Eksekutif
|
Rp285.000
|
02:17
|
05:05
|
Argo Bromo Anggrek
|
SBI-GMR
|
Eksekutif
|
Rp285.000
|
14:23
|
17:00
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
07:25
|
10:29
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
16:05
|
19:12
|
Tegal Bahari
|
TG-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp85.000
|
18:30
|
21:35
|
Cirebon Ekspres
|
CN-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp80.000
|
05:50
|
09:05
|
Cirebon Ekspres
|
CN-GMR
|
Ekonomi/Eksekutif
|
Rp80.000
|
08:30
|
11:37
|
Ranggajati
|
CN-JR
|
Bisnis/Eksekutif
|
Rp230.000
|
05:00
|
20:10
|
Ciremai
|
SMT-BD
|
Bisnis/Eksekutif
|
Rp85.000
|
21:00
|
01:11
|
Harina
|
BD-SBI
|
Ekonomi/Bisnis/Eksekutif
|
Rp115.000
|
00:16
|
04:11
|
Komentar
Posting Komentar