PT KERETA API INDONESIA


PT KERETA API INDONESIA
(Tugas Dalam Bidang Badan Usaha Milik Negara)
Diajukan  untuk memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajamen
Dosen : Farida Nurfalah, S.Sos.,M.Si

Disusun oleh :
Kelompok 8
Endang Laela               117090001
Apryanto Kasaefulloh   117090007
Syifha Zulfie                117090031
Kelas AN 2 A
Semester 4
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON
2019
Pengertian PT Kereta Api Indonesia
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret2007DPR mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992, yaitu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007, yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Dengan demikian, pemberlakuan undang-undang tersebut secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.
Pada tanggal 12 Agustus 2008 PT KAI melakukan pemisahan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek menjadi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) yang pada tahun 2017 lalu menjadi PT Kereta Commuter Indonesia untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. Selama tahun 2015, jumlah penumpang kereta api mencapai 325,94 juta.
Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru. Dan pada 29 Oktober 2014 PT KAI dipimpin oleh Edi Sukmoro yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Aset Nonproduksi Railways, menggantikan direktur utama sebelumnya, Ignasius Jonan.
Visi Dan Misi PT Kereta Api Indonesia
Visi  : Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi : Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya melalui praktik bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan empat pilar utama: Keselamatan, Ketepatan Waktu, Pelayanan, dan Kenyamanan.
Stock Barang
Tiket
Layanan PT Kereta Api Indonesia
                        Berkas:Indonesian Railways Specimen Ticket.png
Spesimen dari boarding pass KAI, berlaku mulai 2016
PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.
1.                  Kereta penumpang
Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia di Jawa dan Sumatra adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (39%), kelas bisnis(25%), dan kelas ekonomi (58%).
a.                   Kelas Eksekutif
                                          
                         Kereta eksekutif yang khusus digunakan untuk Argo Bromo Anggrek.
                           Berkas:K1 0 18 13 Indonesian Railways.jpg
                                         Kereta eksekutif stainless steel produksi 2018.
                          Berkas:K1 0 16 01 Indonesian Railways.jpg
                                          Kereta eksekutif new image produksi 2016.
                      Berkas:Interior retrofit.JPG
                  Bagian dalam kereta eksekutif buatan INKA dengan cita rasa pesawat terbang.
Kelas Eksekutif adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia, yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.
Awalnya, kelas eksekutif dibedakan menjadi dua, yaitu kelas Argo dan kelas Satwa. Perbedaan antara dua kelas ini terletak pada nama kereta, jenis armada yang digunakan, dan tingkat kenyamanan pada masing-masing layanan. Namun, saat ini layanan kelas Argo dan Satwa telah disamakan sehingga hanya terdapat kelas Eksekutif saja.
                                   Berkas:KA6 Argo Wilis LS CTH.jpg
Kereta api Argo Wilis. Kereta ini merupakan kereta dengan prioritas tertinggi di jalur selatan.
                                   Berkas:Argo Bromo Anggrek Siang.JPG
                                            Interior KA Argo Bromo Anggrek.

b.                  Kelas Campuran

                                           Berkas:Retrofit.jpg
                Kereta kelas eksekutif dengan eksterior ala pesawat.
Kelas campuran adalah kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (50 penumpang), bisnis AC (64 Penumpang) dan ekonomi AC (80-106 Penumpang).
                                         Berkas:Interior kereta bisnis.JPG.

c. Kelas Ekonomi

                                        Berkas:Kereta ekonomi.jpg
    Kereta kelas ekonomi buatan PT INKA Madiun.
                                         Berkas:Kereta ekonimiACt.jpg
                              Kereta kelas ekonomi AC bantuan pemerintah.
                                              Berkas:Jayby-Ext01.JPG
                                                 Kereta kelas ekonomi AC.
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi.

d.                  Kereta Api Lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi.
                                             
Kereta kelas Ekonomi AC Plus Generasi Ke 3, dengan kaca sambung seperti Kereta api Argo Bromo Anggrek, sudah diterapkan di Kereta api MenorehKereta api Ambarawa Ekspres, dan Kereta api Kaligunguntuk rangkaian penuh.
                                     Berkas:K3-interior.jpg
Interior kereta kelas Ekonomi AC Plus generasi 1 dan 2 buatan PT INKA.


e.                   Komuter

                                  Berkas:205-142F Mangga Dua.jpg
Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pergi-pulang dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorelkereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Solo Ekspres jurusan Solo-Kutoarjo.

f.                   Kereta api bandara

                                         Berkas:Railink-Medan.JPG
PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan kereta bandara yang menghubungkan stasiun-stasiun sekitar hingga ke bandara baik yang dioperasikan sendiri maupun yang dioperasikan oleh PT Railink. Moda transportasi ini sangat berguna karena mengurangi jumlah kepadatan kendaraan menuju bandara. Untuk saat ini sudah tersedia rute menuju ke Stasiun Bandara KualanamuBandar Udara Internasional Minangkabau dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Nantinya akan terdapat rute menuju Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo.

g.                  Kereta wisata

 Berkas:KAWIS JAWA2.jpg
Interior kereta wisata "Jawa"

PT Kereta Api Indonesia juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi nama NusantaraBaliTorajaSumatraJawaImperial, dan Priority. Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan PurwosariWonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatra Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatra Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.

2.                  Kereta Barang

Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.
Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen, dan sebagainya.
Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.

a.                   Kereta Barang Peti Kemas
Barang yang diangkut kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak terbatas.

b.                  Kereta Barang Semen

Kereta api barang ini mengangkut semen dan mempunyai beberapa rute

c.                   Kereta Barang Bahan Bakar Minyak

Kereta api ketel adalah kereta api angkutan barang yang mengangkut bahan-bahan cair seperti bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK). Salah satu kerja sama PT Kereta Api Indonesia dalam angkutan BBM dan BBK dengan PT Pertamina.

d.                  Kereta Barang Pupuk
Kereta api pupuk mengangkut pupuk milik Pusri dengan rute Stasiun Cilacap-Stasiun Prupuk dan Stasiun Cilacap-Stasiun Ceper.

e.                   Kereta Barang Cepat

                                        Berkas:ONS.jpg
   Kereta barang ekspres Over Night Services JakartaSurabaya
Kereta barang cepat yang diberi nama Over Night Service (ONS)[24] beroperasi di koridor Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi. Satu rangkaian kereta ONS terdiri dari 10-14 kereta bagasi.

Fasilitas PT Kereta Api Indonesia

1.                  Ekonomi

Memiliki kapasitas 106 penumpang dalam satu kereta. Kereta ekonomi KAI dilengkapi bangku, colokan listrik, serta AC. Ciri khasnya adalah bangku sambung yang dapat memuat maksimal dua-tiga penumpang. Baca juga: Musim Mudik, Ada Kereta Wisata Priority dengan Harga Tiket Mulai Rp 500.000 Bangkunya tegak, dilapisi busa yang tidak begitu tebal. Kelas ekonomi umumnya memiliki stasiun yang berbeda dengan subkelas lain. Foto dua keluarga di gerbong kereta, yang diunggah oleh Restoris A Fatiha, ini mendapat respon positif dari netizen. Foto dua keluarga di gerbong kereta, yang diunggah oleh Restoris A Fatiha, ini mendapat respon positif dari netizen.(Screenshot Facebook Restoris A Fatiha)

2.                  Bisnis

Sebagai pembeda dengan ekonomi, kereta bisnis memiliki bangku individu. Satu penumpang satu bangku, dalam susunan dua baris. Dalam satu kereta bisnis terdapat 64 bangku sehingga jarak kaki lebih lapang. Berbeda dengan bangku kelas eksekutif yang bisa direbahkan, bangku kelas bisnis tidak bisa. Hanya bisa diubah arah hadap. Sama seperti kelas ekonomi, kelas bisnis juga dilengkapi colokan listrik dan pendingin udara. Interior gerbong kereta api eksekutif Tegal Bahari jurusan Jakarta-Tegal. Interior gerbong kereta api eksekutif Tegal Bahari jurusan Jakarta-Tegal.(KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO)
3.      Eksekutif

Subkelas eksekutif sekilas tampak seperti subkelas bisnis. Perbedaannya terdapat pada kapasitas per kereta yang hanya memiliki 50 bangku. Jarak antarpenumpang lebih lapang, busa bangku lebih empuk, dapat diubah arah hadap, dan dapat direbahkan sampai 50 derajat. Baca juga: Naik Kereta "Sleeper" Rp 900.000 ke Surabaya, Pantaskah Harganya? Kelas eksekutif juga dilengkapi bantal, selimut, colokan listrik, televisi per kereta, dan pendingin udara. Berbeda dengan kelas ekonomi, umumnya kelas eksekutif waktu tempuhnya lebih cepat karena tidak berhenti di banyak stasiun seperti kelas ekonomi. Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta, Jumat (4/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum. Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta, Jumat (4/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.(KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

4.      Prioritas

Pada Agustus 2017, PT KAI meluncurkan kereta subkelas prioritas (priority class). Perbedaannya terbilang signifikan dari kereta eksekutif. Fasilitas di subkelas ini dapat dinikmati secara pribadi. Seperti karaoke menjadi Audio Video On Demand (AVOD) di setiap tempat duduk penumpang, lalu makanan ala carte. Desain kereta juga memiliki perbedaan yang mencolok dengan subkelas lainnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan. Satu kereta subkelas prioritas dapat memuat 28 penumpang. Kursinya menyerupai kursi pesawat dengan tumpuan kaki dan dapat direbahkan dengan tuas. Sebenarnya, gerbong kereta wisata untuk penumpang juga termasuk dalam kelas prioritas. Namun, tiketnya tidak dijual satuan dan harus dipesan jauhhari.

5. Sleeper
Selasa (12/6/2018), PT KAI resmi meluncurkan subkelas luxury, yakni sleeper train. Ini merupakan subkelas tertinggi dari kereta PT KAI. Perbedaan paling signifikan terlihat dari bentuk bangku, yang menyerupai kelas bisnis bangku pesawat. Bangku memiliki partisi sehingga memberikan suasana lebih privat dan dapat direbahkan sampai sudut 150 derajat dengan tombol otomatis. Busanya empuk sehingga selama perjalanan penumpang dapat istirahat lebih maksimal dengan tubuh yang direbahkan. Fasilitas yang dberikan adalah hiburan yang dapat dinikmati pribadi seperti televisi 12 inci layar sentuh dan earphone, colokan listrik universal, dan USB

Slogan Layana PT Kereta Api Indonesia
Perjalanan efektif dan efisien bersama kami

Struktur Organisasi PT Kereta Api Indonesia

  
 Hasil gambar untuk struktur organisasi pt kai

Komentar